MAKALAH ‘AM DAN KHASH DALAM AL-QURAN

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah


Konteks  Syariyyah  di  dalam  Al-Qur’an  dan  Al-Hadis  merupakan  dua sumber  hukum yang  redaksinya  menetapkan  hukum syar’i.  Dalam menggali nilai- nilai  hukum  pada  sumber  tersebut,  tidak  sepatutnya  seseorang  langsung  menukil darinya  tanpa  terlebih  dahulu  menimbangnya.  Padahal  tidak  semua  lafazh  yang ada   mudah   dipahami   sehingga   memungkinkan   untuk   langsung   diambil.   Ada beberapa  pengklasifikasian  lafazh  yang  ada  di dalam nash syar’i yang selayaknya ditafsirkan  terlebih  dahulu.

Konteks Al-Qur’an dan Al-Hadis tersebut bisa   berupa lafadz umum   atau khusus.   Lafadz  yang  umum  atau  al-‘am,  ketetapan  hukumnya  harus  diartikan kepada semua satuannya secara pasti bila disana tidak ada dalil yang mengkhususkannya.   Jika   terdapat   dalil   yang   mengkhususkan   maka   mengenai arahan hukumnya  apakah pasti (qothiy) atau dugaan (dzonny).

Al-Qur’an  dan  Al-Hadis  juga  ada  yang  berupa  lafadz  khusus  (khash), maka   hukum   bisa   ditetapkan   secara   pasti   selama   tidak   ada   dalil   yang mentakwilkan  atau  memindahkan  dan  menghendaki  arti  yang  lain.  Dalam  lafadz khash  ini  terdapat  lafadz mutlak  yang  dapat  menetapkan  hukum secara  absolute dengan   catatan   tidak   ada   dalil  yang   mengikatnya.   Jika  lafadz  itu  berbentuk perintah   (‘amar),   maka   obyek   yang   diperintahkannya   wajib,   atau   berbentuk larangan  (nahi)  maka obyek  yang dilarang itu haram.  Hal tersebut bila tidak  ada dalil yang merubah dari keharusannya  atau ketidak bolehannya.

Pada   makalah   ini  selanjutnya,   penulis  akan  membahas  beberapa  hal berkenaan dengan lafazh yang am  dan Khash.  Diharapkan dengan mengkaji dan memahami  lafazh  am  dan  Khash,  seseorang  tidak  lagi gegabah  dalam menarik
sebuah nash sebagai sebuah landasan dalam berbuat.








1

2






B.   Rumusan Masalah

Dari    pemaparan    pendahuluan    di    atas,    terdapat    permasalahan    

permasalahan sebagai berikut:

1.    Apa Pengertian  Lafadz Am dan Apa Saja Shigat-Shigatnya?

2.    Apa Saja Pembagian  Am?

3.    Apa Pengertian  Lafadz Khash dan Apa Saja Bentuk-Bentuk  Mukhasshish?

4.    Apakah Ayat Am Yang Sudah Di-takhsis Masih Merupakan Dalil/Hujjah?

C.   Tujuan  Masalah

1.    Untuk Mengetahui Pengertian  Lafadz Am Dan Shigat-Shigatnya.

2.    Untuk Mengetahui Pembagian  Am.

3.    Untuk   Mengetahui   Pengertian   Lafadz   Khash   Dan   Bentuk      Bentuk

Mukhasshish.

4.    Untuk Mengetahui Penjelasan  Ayat Am Yang Sudah Ditakhsis.




BAB II PEMBAHASAN


A.   Pengertian Ayat Yang Am Dan Shighat-Shighatnya

1.    Pengertian Am

Secara  bahasa  Am  berarti merata  atau  yang umum.1     Sedangkan secara istilah   Am   ialah  suatu  lafadz  yang  menunjukan  satu  makna  yang  mencakup seluruh  satuan  yang  tidak  terbatas  dalam jumlah  tertentu.2   Atau juga lafadz yang menunjukan  dimana  ditempatkan  secara  lughowi  dan semuanya itu berlaku untuk semua  ifradnya.3    Para    ulama  Usul  Fiqih



اهَُقزْرٌٌِّّللَِّّ اٌّىَلعَ ٌّلٌَِّّّإٌٌّّضِ

رْ لَْْاٌّفٌّ ٌِّةٌَّّبادٌَّنٌّْ مٌِّامَوَ

Dan  tidak   satu  pun  makhluk  bergerak  (bernyawa)  di  bumi  melainkan
semuanya  dijamin  Allah rezekinya.  (QS. Hud: 06).20


حَ ٌّ

يْ شَ ٌّلٌَّّ كٌٌٌُّّّءِامَْلاٌّنٌَّ مٌِّانَلْعَجَوَ

Dan  kami jadikan  segala  sesuatu  yang  hidup  berasal dari air.” (QS.  Al-

Anbiya: 30)21

Pada kedua ayat ini orang menetapkan bahwa sudah menjadi sunnatulloh ada  am  yang  tidak  ditakhasiskan  dan  tidak  pula  dipertukarkan  letaknya. Pada  kedua  ayat  ini terdapat  am  qathi menunjuk kepada umum.  Tidak mengandung  hal yang dimaksud  khusus dengannya.

  Kedua  adalah  am  yang  dimaksud  secara  qathi khusus.  Yaitu  apa  yang didampingi  dengan  qarinah,  pada  umumnya  tetap  menafikan  dan menyatakan  maksud  sebagian  dari  ifradnya  itu.  Seperti  firmanAllah  yang
berbunyi:


تٌِّ

يْ بَْلاٌّ

حِ ٌٌّّسِ اَّنلاٌّىلَعَ ٌّللٌَِِّّّوَ

Dan  (di antara)  kewajiban  manusia  terhadap  Allah  adalah  Melaksanakan

ibadah haji ke Baitullah. (QS. Ali-Imran:  97).22

Manusia  pada  nash  ini  adalah  umum.  Dimaksud  dengannya  itu  khusus para mukallaf.  Menurut  akal, tidak termasuk  anak-anak dan orang gila.

  Ketiga adalah am makhsus. Yaitu am mutlak yang  tidak didampingi oleh qarinah, meniadakan hal-hal yang ditakhsiskan. Tidak ada qarinah yang menafikan   dalilnya   terhadap   umum.   Misalnya   kebanyakan   nash   yang terdapat  padanya     sighat  umum.   Terlepas  dari  qarinah-qarinah  lafdziah
atau  aqliah  atau  arfiah  yang    menyatakan  umum,  sebelum  dikemukakan








hlm. 222


20Departemen  Agama  RI, Al-Quran  dan  Terjemahnya    (Bandung: Diponegoro,  2008),

21Ibid., hlm. 324
22Ibid., hlm. 62







dalil    yang    mentakhsiskannya.    Misalnya,    perempuan-perempuan    yang

ditalak  oleh suaminya  harus menunggu  (iddah).23


ٌّءورُ ُقٌَّةَثلَََّثٌّنَّ هِسِ ُفْنَأِبٌّنَ صْ َّبرَ َتَيٌّتُ

اقََّل

مُ ْلاوَ


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Sponsor

Close Button
CLOSE ADS
CLOSE ADS