Resume Filsafat Pendidikan Wawasan Tentang Filsafat Pendidikan (doc) - Knowledge Is Free

Hot

Sponsor

Kamis, 03 Desember 2020

Resume Filsafat Pendidikan Wawasan Tentang Filsafat Pendidikan (doc)




Kemampuan Manusia Untuk Belajar Dari Pengalaman Orang Lain 

Pendidikan berfungsi sebagai pembaharuan hidup, “a renewal of life”. Hidup itu selalu berubah, selalu menuju pada pembaharuan.hidup merupakan keseluruhan tingkatan pengalaman individu dengan kelompok. Untuk kelangsungan hidup diperlikan usaha untuk mendidik anggota masyarakat, mereka akan berusaha memenuhi kebutuhan sebagai minat pribadi (personal interest). Bahwa pembaharuan hidup tidak otomatis, melainkan banyak tergantung pada teknologi, seni, ilmu pengetahuan, dan perwujudan moral kemanusiaan. Untuk itulah semuanya membutuhkan pendidikan. 
Seorang filsuf Yunani mengatakan, “orang pandai belajar dari pengalamannya dan orang bijak belajar dari pengalaman orang lain, tetapi orang bodoh tidak belajar apapun.” Cara belajar yang lebih cepat dan efisien adalah belajar dari pengalaman orang lain. Kita bisa mengambil pelajaran tanpa harus mengalami trial and error terlebih dahulu. Pembelajaran dari pengalaman orang-orang sukses dapat dimulai dengan membaca buku-buku yang mereka tulis, karena buku merupakan pemikiran-pemikiran terbaik penulisnya. Manfaat dari belajar dari pengalaman orang lain:
Kita tidak harus mengalami  langsung kegagalan yang sudah dilalui orang tersebut
Karena kita tidak harus mengalami semuanya dulu untuk belajar dari pengalaman, sehingga kita dapat menghemat waktu dan energi untuk hal yang sifatnya strategis. Langkah-langkah belajar dari pengalaman orang lain, yaitu :
Menemukan seseorang yang telah lebih dulu sukses mencapai tujuan atau pencapaiannya.
Perhatikan perjalanan hidupnya dalam meraih kesuksesan.
Mengambil pelajaran dari kegagalan mereka sebagai proses menemukan kesuksesan.
Padukan antara pengalaman mereka dengan potensi dan keterampilan yang kita miliki serta sesuaikan dengan kondisi dilapangan.

Kamu tahu langkah-langkah yang harus dilakukan
Maksudnya, kita dapat mengetahui tindakan prefentif apa yang kita lakukan agar tidak mengalami kegagalan yang sama.

Jenis Pendidikan Dilihat Dari Sifatnya
Pendidikan di dalam keluarga


Seluruh anggota keluarga seharusnya memberikan pengaruh yang mengandung unsur-unsur pendidikan dan mengadakan interaksi, pergaulan dengan anak yang berupa interaksi dan pergaulan pendidikan. Penanaman nilai-nilai kebaikan, akhlak mulia,nilai-nilai religius, nilai-nilai karakter yang baik haruslah selalu ditanamkan kepada anak didalam keluarga sehingga anak akan menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berkarakter, berakhlak mulia. Anak adalah generasi penerus yang perlu dididik agar kelak mereka dapat menjadi anak yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, bagi keluarga dan bagi bangsa dan bagi sesama umat manusia didunia.

Pendidikan persekolahan
Lembaga pendidikan adalah suatu tempat atau wadah dimana proses pendidikan berlangsung yang dilaksanakan  dengan tujuan untuk mengubah tingkah laku seseorang ke arah yang lebih baik melalui interaksi dengan lingkungan sekitar serta wawasan dan pengetahuan yang diperoleh.  Sekolah adalah lembaga pendidikan formal yang mengelola sumber daya manusia (SDM) yang diharapkan menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat serta pada gilirannya lulusan sekolah diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada pembangunan bangsa.

Pendidikan Masyarakat
Pendidikan masyarakat atau Pendidikan Luar Sekolah atau yang lebih dikenal dengan sebutan pendidikan nonformal merupakan pendidikan yang dilaksanakan berbasis masyarakat. masyarakat dilibatkan sebagai pelaku pendidikan karena masyarakat dilibatkan dalam proses perencanaan hingga pelaksanaan pendidikannya. Pada UU RI no. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, pendidikan nonformal diselengarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. 
Dalam masyarakat tersedia berbagai sumber belajar baik yang dirancang maupun yang dimanfaatkan. Perlu pula diingat bahwa manusia dalam bekerja dan hidup sehari-hari akan selalu berupaya memperoleh manfaat dari pengalaman hidupnya itu untuk Sehingga manusia itu dapat dinyatakan sebagai berusaha mendidik dirinya sendiri dengan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia dimasyarakatnya dalam bekerja, bergaul dan sebagainya.

  Pendidikan dan Kemajuan Sosial
Pendidikan dan perubahan sosial, keduanya saling bertautan satu dengan yang lain. Keduanya saling mempengaruhi, sehingga berdampak luas di masyarakat. Pendidikan adalah lembaga yang dapat dijadikan sebagai agen pembaharu/perubahan sosial dan sekaligus menentukan arah perubahan sosial yang disebut dengan pembangunan mesyarakat. Sedangkan perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat setiap kalinya dapat direncanakan dengan arah perubahan yang ingin dicapai. Namun perubahan sosial juga dapat terjadi setiap saat tanpa harus direncanakan terlebih dahulu disebabkan pengaruh budaya dari luar.
  Pendidikan sejak dulu sampai sekarang merupakan hal terpenting dalam hidup manusia. Pendidikan memberikan kemajuan pemikiran umat manusia, sehingga taraf hidup mereka meningkat. Dalam perkembangannya dari zaman ke zaman pendidikan berubah menjadi suatu sistem. Suatu sistem pendidikan yang tersusun secara sistematis diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 11 ayat 1, yang menjelaskan bahwa pendidikan dilaksanakan melalui 3 jalur yaitu pendidikan formal, nonformal,dan informal. Ketiga jalur pendidikan ini satu sama lain saling berkait dan membutuhkan untuk melakukan perubahan sosial yang terjadi di masyarakat kelak. Selain ketiga jalur tersebut anak-anak Indonesia wajib menempuh pendidikan “wajib belajar 9 tahun”, sebagai program pemerintah dalam meningkatkan SDM masyarakat Indonesia.
Pendidikan mempengaruhi masyarakat yang pada akhirnya terjadi perubahan sosial. Perubahan sosial sebagai bentuk inovasi yang berkaiatan dengan seluruh aspek kehidupan manusia yang bertujuan meningkatkan kemakmuran. Bermacam konsep perubahan sosial disodorkan para ahli dalam menganalisis fenomena tersebut yaitu, konsep kemajuan sosial, konsep sosialistik, konsep perubahan siklus, teori sejarah, teori pertikularistik, toeri sosiologi serta sosiologi dan perubahan sosial.
  Di masa depan pendidikan dalam prespektif perubahan sosial banyak dikonsepkan oleh sebagian ahli, pendidikan adalah sebagai proses yang dapat mengubah perilaku individu dalam konteks teori perubahan sosial akan mempunyai dampak terjadinya perubahan baik pada tingkat individu sebagai agen maupun tingkat kelembagaan yang mampu mengubah struktur sosial yang ada di masyarakat. Diharapakn pendidikan dalam perubahan sosial dapat menghasilakn generasi yang kritis serta solusif dalam menghadapi permasalahan sebagai bagian perubahan sosial masyarakat dewasa ini dan selanjutnya.


Sumber : 
Hasan Langgulung. 1986. Manusia dan Pendidikan, Jakarta: Pustaka Al-Husna Ismaun, 2001
Tim Dosen FIP-IKIP Malang. Pengantar Dasar-dasar Pendidikan, Malang: Usaha Nasional, 1980.
Uyoh Sadullo. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: PT. Media Iptek, 1994.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot