Amalan sederhana yang baik dilakukan selama bulan puasa adalah sebagai berikut:
1.
Berpuasa
Amaliah terpenting pada
bulan Ramadhan adalah shiyam (puasa),
sebagaimana termaktub dalam firman Allah yang berbunyi:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ
كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang beriman,
diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum
kamu agar kamu bertaqwa. (QS al-Baqarah: 183)
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:
2.
Menyebarkan Senyuman
Seperti yang kita ketahui, senyum adalah sedeqah yang paling sederhana dan
dapat memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar kita. Rasulullah saw bersabda, “senyum
kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramar makruf dan nahi mungkar yang
kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi
seseorang yang tersesat juga sedekah.” (hr tirmizi dan abu dzar).
3.
Menyerukan Kebaikan
Berdasarkan hadits di atas, maka dalam hal memperingati teman kita untuk
berbuat kebajikan juga merupakan sedeqah yang dapat dilakukan dan sudah pasti
mendapatkan pahala disisi Allah SWT.
4.
Memperbanyak dzikir, doa dan istighfar
Sesungguhnya malam dan siang Ramadhan adalah waktu-waktu yang mulia dan
utama, maka sebaiknya digunakan untuk memperbanyak dzikir dan doa, khususnya
pada waktu-waktu istijabah, di antaranya:
Pertama, Saat berpuasa hingga berbuka; Nabi Saw bersabda:
ﺛَﻼَﺛَﺔٌ ﻻَ ﺗُﺮَﺩُّ ﺩَﻋْﻮَﺗُﻬُﻢُ ﺍﻹِﻣَﺎﻡُ ﺍﻟْﻌَﺎﺩِﻝُ ﻭَﺍﻟﺼَّﺎﺋِﻢُ ﺣَﺘَّﻰ ﻳُﻔْﻄِﺮَ
ﻭَﺩَﻋْﻮَﺓُ ﺍﻟْﻤَﻈْﻠُﻮﻡِ
Ada tiga do’a yang tidak tertolak: (1) doa pemimpin yang adil, (2) doa
orang yang berpuasa sampai ia berbuka, (3) doa orang yang
terzhalimi.”[HR.Tirmidzi, Ibn Hibban mensahihkannya]
Kedua, Saat malam terutama pada sepertiga malam terakhir:
إِنَّ فِى اللَّيْلِ لَسَاعَةً لاَ يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ
خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ
لَيْلَةٍ
Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan
do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu
tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku
setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757)
Ketiga, Saat waktu sahur, untuk
banyak istighfar seperti yang Allah firmankan:
وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ
“Dan di waktu sahur (akhir-akhir malam) mereka memohon ampun (kepada
Allah).” (QS. Al-Dzaariyat: 18).
5.
I’tikaf
Salah satu amaliah yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW di bulan
Ramadhan adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan cara i‘tikaf di masjid,
Dalam sebuah hadist disebutkan:
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا ، قَالَ : كَانَ رَسُولُ
اللهِ صلى الله عليه وسلم يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ الأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَان.
“Dari Ibnu Umar RA (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah SAW selalu
beri‘tikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan.” (HR. al-Bukhari
No. 2025 dan Muslim No.2838).
6.
Umrah
Keutamaan umrah di bulan Ramadhan ini besar sekali. Rasulullah Saw pernah
menganjurkan kepada seorang wanita Anshar (Ummu Sinan) yang tidak sempat
berhaji bersama beliau sebagaimana diterangkan dalam hadis berikut ini:
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا ، قَالَ : : لَمَّا رَجَعَ النَّبِيُّ
صلى الله عليه وسلم مِنْ حَجَّتِهِ قَالَ لأُمِّ سِنَانٍ الأَنْصَارِيَّةِ مَا مَنَعَكِ
مِنَ الْحَجِّ قَالَتْ أَبُو فُلاَنٍ – تَعْنِي زَوْجَهَا – كَانَ لَهُ نَاضِحَانِ
حَجَّ عَلَى أَحَدِهِمَا وَالآخَرُ يَسْقِي أَرْضًا لَنَا قَالَ فَإِنَّ عُمْرَةً فِي
رَمَضَانَ تَقْضِي حَجَّةً مَعِي.
Dari Ibnu Abbas RA, dikatakan bahwa ketika Rasulullah SAW pulang dari
hajinya, beliau bersabda kepada seorang wanita Anshar (Ummi Sinan): “Apa yang
menghalangimu untuk ikut berhaji bersama kami?” Ia menjawab, “Kami tidak
memiliki kendaraan kecuali dua ekor unta yang dipakai untuk mengairi tanaman.
Bapak dan anaknya berangkat haji dengan satu ekor unta dan meninggalkan satu
ekor lagi untuk kami yang digunakan untuk mengairi tanaman.” Nabi
bersabda,”Maka apabila datang Ramadhan, berumrahlah. Karena sesungguhnya umrah
di dalamnya menyamai ibadah haji
bersamaku.” (HR. al-Bukhari No. 1863).
Apa maksud sabda Nabi tersebut? Apakah itu hanya berlaku untuk perempuan
yang rela mengalah kepada suami dan anaknya untuk pergi haji itu?
Ada tiga pendapat tentang ini.
Pertama, hadits ini khusus untuk wanita yang diajak bicara oleh Nabi Saw,
yakni Ummu Sinan. Ini pendapat Said bin Jubair (Ibn Hajar al-Asqalani, lll/605
dan al-Adzim al-Abadi, Aun al-Ma’bud, V/323).
Kedua, keutamaan umrah ini bagi orang yang berniat haji, lalu ia tidak
mampu mengerjakannya, dan kemudian ia menggantinya dengan umrah di Ramadhan.
Sehingga ia mendapat pahala haji secara sempurna bersama Rasulullah Saw karena
terkumpul dalam dirinya niat haji dalam pelaksanaan umrah. (Tafsir Ibn Katsir, I/286; Ibn Rajab, Latha’if
al-Ma’arif, I/249).
Pendapat ketiga, yang dipegang oleh Empat Imam Mazhab, meyakini bahwa
keutamaan dalam hadits ini bersifat umum bagi setiap orang yang berumrah di
bulan Ramadhan. Ini berlaku bagi semua orang (Muhammad Shalih al-Munjid, Mauqi’
al-Islam Sual Wa Jawab, VII/632).
7.
Tadarus
Al-Quran
Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ
مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ
كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ
بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا
اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
“Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur’an
sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu
dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di
antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia
berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia
berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya
itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak
menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan
hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu,
supaya kamu bersyukur” (QS. Al Baqarah:
185)
Dalam sebuah Hadits dijelaskan bahwa setiap bulan Ramadhan Rasulullah SAW
melakukan tadarus al-Qur’an bersama Malaikat Jibril:
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدُ (أَجْوَدَ) مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ
جِبْرِيلُ وَكَانَ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ
فَلَرَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدُ بِالْخَيْرِ مِنَ الرِّيحِ
الْمُرْسَلَةِ
“Dari Ibnu Abbas r.a. (diriwayatkan bahwa) ia berkata: Rasulullah SAW
adalah orang yang paling dermawan, apalagi pada bulan Ramadhan, ketika ditemui
oleh Malaikat Jibril pada setiap malam pada bulan Ramadhan, dan mengajaknya
membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Ketika ditemui Jibril, Rasulullah adalah
lebih dermawan daripada angin yang ditiupkan.” (HR. al-Bukhari No.4711 dan
Muslim No.2307).
Oleh karenanya pada bulan ini umat Islam harus benar-benar berinteraksi
dengan Al-Qur’an untuk meraih keberkahan hidup dan meniti jenjang menuju umat
yang terbaik dengan petunjuk Al-Qur’an. Berinteraksi dalam arti hidup dalam
naungan Al-Qur’an dengan cara tilawah (membaca), tadabbur (memahami), hifdz
(menghafalkan), tanfidz (mengamalkan), dan ta’lim (mengajarkan).
8.
Shalat Tarawih
Para ulama sepakat bahwa Qiyamu Ramadalan (Shalat Tarwih) itu disyariatkan.
Nabi Muhammad SAW menganjurkan agar kita menghidupkan malam ramadhan dengan
memperbanyak shalat tersebut di sepanjang malam Ramadhan. Dasarnya adalah
hadits Nabi Muhammad SAW:
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُرَغِّبُ
فِى قِيَامِ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَأْمُرَهُمْ فِيهِ بِعَزِيمَةٍ فَيَقُولُ
« مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
Dari Abu Hurairah r.a., berkata: Rasulullah SAW menganjurkan (shalat)
qiyami Ramadhan kepada mereka (para shahabat), tanpa perintah wajib. Beliau
bersabda: Barangsiapa mengerjakan (shalat) qiyami Ramadhan karena iman dan
mengharap pahala, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu. (HR. Muslim
No.1816).
Dalam melaksanakan Shalat Qiyamu Ramadhan, hendaklah dicontoh tata cara shalat
Nabi Muhammad SAW, baik mengenai jumlah rakaatnya maupun kualitasnya. Nabi
melaksanakan shalat Qiyamu Ramadhan sebanyak 11 rakaat dengan cara-cara yang
bervariasi: dengan cara jumlah rakaat 4+4+3. Dasarnya adalah hadis berikut ini:
Begitu juga terdapat riwayat dari
Aisyah radhiallahu ’anha, beliau berkata:
عَنْ أَبِى سَلَمَةَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَنَّهُ سَأَلَ عَائِشَةَ كَيْفَ
كَانَتْ صَلاَةُ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى رَمَضَانَ قَالَتْ مَا كَانَ
رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَزِيدُ فِى رَمَضَانَ وَلاَ فِى غَيْرِهِ عَلَى
إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ
ثُمَّ يُصَلِّى أَرْبَعًا فَلاَ تَسْأَلْ عَنْ حُسْنِهِنَّ وَطُولِهِنَّ ثُمَّ يُصَلِّى
ثَلاَثًا
“Dari Abu Salamah bahwasanya Aisyah ra. ketika ditanya tentang shalat Nabi
di bulan Ramadhan, Aisyah berkata: pada bulan Ramadhan maupun yang lainnya,
Nabi tidak pernah melakukan shalat lebih dari sebelas rakaat. Nabi SAW kerjakan
empat rakaat, jangan engkau tanyakan tentang elok dan lamanya, kemudian Nabi
kerjakan lagi empat rakaat dan jangan engkau tanyakan tentang elok dan lamanya.
Lalu Nabi kerjakan shalat tiga rakaat”. (HR. Bukhari No. 2013; dan Muslim
No1757).
Boleh juga dengan cara 2+2+2+2+2+1. Dasarnya adalah hadis berikut ini:
عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُصَلِّى فِيمَا بَيْنَ أَنْ يَفْرُغَ مِنْ صَلاَةِ الْعِشَاءِ
– وَهِىَ الَّتِى يَدْعُو النَّاسُ الْعَتَمَةَ – إِلَى الْفَجْرِ إِحْدَى عَشْرَةَ
رَكْعَةً يُسَلِّمُ بَيْنَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ وَيُوتِرُ بِوَاحِدَةٍ فَإِذَا سَكَتَ
الْمُؤَذِّنُ مِنْ صَلاَةِ الْفَجْرِ وَتَبَيَّنَ لَهُ الْفَجْرُ وَجَاءَهُ الْمُؤَذِّنُ
قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ ثُمَّ اضْطَجَعَ عَلَى شِقِّهِ الأَيْمَنِ
حَتَّى يَأْتِيَهُ الْمُؤَذِّنُ لِلإِقَامَةِ.
Dari ‘Aisyah isteri Nabi SAW, dia berkata; Rasulullah SAW pernah shalat
antara habis shalat isya’ yang biasa disebut ‘atamah hingga waktu fajar. Beliau
melakukan sebelas rakaat, setiap dua rakaat beliau salam, dan beliau juga
melakukan witir satu rakaat. Jika muadzin shalat fajar telah diam, dan fajar
telah jelas, sementara muadzin telah menemui beliau, maka beliau melakukan dua
kali raka’at ringan, kemudian beliau berbaring diatas lambung sebelah kanan
hingga datang muadzin untuk iqamat.” (HR, Muslim No. 1752).