A. Pengertian Politik Dan Konsep Politik Dalam Islam
1. Pengertian
Politik
Kata politik secara etimologis berasal dari bahasa Yunani Politeia, yang akar katanya adalah polis, berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri, yaitu Negara dan teia, berarti urusan. Dalam bahasa Indonesia, politik dalam arti politics mempunyai makna kepentingan umum warga Negara suatu bangsa. Politik merupakan suatu rangkaian asas, prinsip, keadaan, jalan, cara dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu yang kita kehendaki. Politics dan policy memiliki hubungan yang erat dan timbal balik. Politics memberikan asasm jalan, arah, dan medannya, sedangkan policymemberikan pertimbangan cara pelaksanaan asas, jalan, dan arahnya.[1]
Dalam
bahasa Inggris, Politics adalah suatu rangkaian asas (prinsip), keadaan, cara
dan alat yang digunakan untuk mencapai cita-cita atau tujuan tertentu.
Sedangkan policy, yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai kebijaksanaan
adalah penggunaan pertimbangan- pertimbangan yang dianggap dapat lebih menjamin
terlaksananyasuatu usaha, cita-cita tau tujuan yang dikehendaki dan pengambil
kebujaksanaan dilakukan seorang pemimpin. Politik secara umum menyangkut proses
penentuan tujuan Negara dan cara melaksanakannya. Pelaksanaan tujuan itu
memerlukan kebijakan- kebijakan umum (public poliecies) yang menyangkut
pengaturan, pembagian atau alokasi sumber-sumber yang ada. Penentuan kebijakan
umum, pengaturan, pembagian dan alokasi sumber-sumber yang ada memerlukan
kekuasaan dan wewenang (authority). Kekuasaan dan wewenang memainkan peran yang
sangat penting dalam pembinaan kerjasama dan penyelesaian konflik yang mungkin
muncul dalam proses pencapaian tujuan.[2]
Politik juga bisa diartikan seni karena sudah berapa
banyak politikus yang tanpa pendidikan ilmu politik, tetapi mampu berkiat dalam
hal politik karena memiliki bakat yang dibawa sejak lahir dari naluri
sanubarinya sebagai seniman politik, sehingga dengan karismatik menjalankan
roda politik praktis. Dalam bahasa dan contoh sederhana, apabila seorang
pemimpin memang memiliki sifat pemimpin sehingga tanpa perlu mempelajari ilmu
kepemimpinan dia sudah bisa memimpin. Hanya saja, untuk menjadi pemimpin
profesional, ada baiknya bakat dan sifat itu dilatih terus.[3]
Jadi,
Politik adalah suatu disiplin ilmu karena merupakan
pengetahuan yang memiliki objek, subjek, metodologi, sistem, terminologi, ciri,
teori yang khas dan spesifik serta diterima secara universal dari seluruh
dunia, disamping dapat diajarkan dan dipelajari oleh orang banyak.
2. Politik
dalam Islam
Politik
Islam merupakan sudah menjadi kebiasaan orang-orang tertentu untuk agaak
menyamakan Islam dengan salah satu system kehidupan tertentu atau system
kehidupan lainnya yang telah menjadi dominan. Ada yang mengatakan bahwa islam
adalah sebuah demokrasi dan mereka maksudkan dengan ini adalah bahwa tidak ada
perbedaan antara islam dengan demokrasi yang kini tengah naik daun di Barat.
Beberapa orang lainnya menyatakan bahwa direvisi dan sangatlah cocok bagi kaum
muslim untuk meniru eksperimen- eksperimen komunis Sovyet Rusia. Yang lainnya
lagi membisikkan bahwa islam mengandung unsur-unsur kediktatoran dan kita harus
membangun kembali adat “taat kepada Amir (pemimpin)”.[4]
Islam
ini sebagai inti dari apa yang mereka katakana dan selalu berupaya yntuk
membuktikan bahwa Islam mengandung semua unsur pemikiran dan tindakan social
politik. Hampir semua orang yang tekun melakukan kotak-katik ini sama sekali
tidak memahami jalan kehidupan Islam secara jelas. Mereka tidak pernah mencoba
atau bahkna tidak pernah melakukan suatu kajian sistematik atas tatanan politik
islam – kedudukan serta hakikat demokrasi, keadilan social dan keseimbangan di
dalamnya. Mereka justru berprilaku laksana orang-orang buta dan di dalamnya
dongeng terus menerus memepertentangkan bentuk sebenarnya seekor gajah karena
orang buta pertama hanya memegang kakinya, orang buta kedua hanya memegang
tubuhnya, orang buta ketiga hanya memegang ekornya, orang buta empat hanya memegang
belalainya, orang buta kelima hanya memegang tarinya dan orang buta keenam
hanya memegang kupingnya. Atau mereka hanya memandang Islam hanya laksana
seorang anak yatim piatu yang tinggal memiliki satu gantungan harapannya untuk
hidup kepada belas kasih orang-orang yang bersedia menjadi walinya. Kondisi
semacam bersumber dari ras rendah diri yang muncul dari keyakinan bahwa kita
sebagai muslimtidka mendapatkan penghormatan jika kita tidak mampu menunjukkan
bahwa agama kita mencerminkan kredo-kredo modern merupakan titik temu dengan
ideology-ideologi mutakhir. Orang-orang telah merongrong politik Islam; mereka
telah menurunkan derajat politik Islam menjadi sekedar teka teki belaka. Mereka
telah menyulap Islam menjadi kantong ajaib yang dapat menghasilkan barang
apapun. Akibat dari kenyataan ini orang-orang mulai mengatakan bahwa Islam sama
sekali tidak memiliki system politik atau ekonominya sendiri.
Perlu
kita pahami Islam bukanlah sekumpulan gagasan yang tidak saling berkaitan atau
cara-cara prilaku yang tidak saling melekat vertuatan. Islam justru merupakan
tatanan yang sempurna, keseluruhan yang bulat, yang mendasarkan diri pada
himpunan postulat-postulat jelas yang pasti.[5] Politik merupakan satu cabang dalam
ramuan Islam yang syumul. Islam tidak melarang manusia berpolitik selagi tidak
bercanggah dengan syariat. Politik Islam atau siasah berasal dari perkataan
‘sasa’ yang bermaksud perintah, tegah, melakukan pembaikan dan mendidik.
Manakala menurut istilah, siasah bermaksud melakukan sesuatu yang membawa kebaikan
kepada makhluk dengan membimbing mereka ke arah jalan kejayaan duniawi dan
ukhrawi. Kajian Dewan Ulama PAS mendapati Islam dan politik tidak boleh
dipisahkan sama sekali kerana berkait rapat dengan prinsip akidah dan
akhlak. Kebanyakan ulama melihat politik
Islam adalah jauh berbeda dengan politik sekular. Fathi Yakan mendefinisikan
politik Islam sebagai usaha memelihara semua hal ehwal ummah yang merangkumi
aspek pendidikan, maklumat, ekonomi serta keperluan hidup. Fahaman sekularisme
Barat memisahkan agama dengan politik; iaitu agama adalah hak gereja manakala negara
adalah hak pemerintah.[6]
Ikhwan Saffa membahagikan ilmu
politik (siasah) kepada lima iaitu Siasah Nabawiyah (politik para nabi), Siasah
Mulukiyah (politik kerajaan), Siasah Ammah (politik rakyat), Siasah Khassah
(politik rahsia) dan Siasah Dhatiyah (politik peribadi). Menurut Ahmad
Atiyatullah, perkataan siasah digunakan dalam kitab Tahdib al-Siyasah karangan
Abu al-Hassan Ahwazi (362-446H). Perkataan politik dan siasah membawa pengertian
yang hampir sama kerana kedua-duanya telah menjadi sebahagian daripada
perbendaharaan kosa kata bahasa Melayu. Ehsan Ehsanullah (1994) melihat
keperibadian Siasah Syariah dalam konteks negara Arab Saudi mendapati amat
wajar seluruh dunia mengimplementasi arahan Allah SWT.
Menurut Abdul Hadi Awang (2011),
kekuasaan dan kedaulatan adalah milik Allah dan manusia hanya merupakan
pemegang amanah untuk menguruskan negara. Beberapa peringkat pembahagian kuasa
iaitu khalifah, Majlis Syura dan ulil al-Amri. Khalifah bertanggungjawab dalam
perlaksanaan undang-undang (eksekutif) manakala Majlis Syura bertanggungjawab
dalam penggubalan undang-undang (legislatif) serta Ulil al-Amri (Qadi)
bertanggungjawab dalam penguat kuasaan undang-undang.
Ibn Taimiyah berpendapat bahawa kekuasaan politik merupakan
min a’zam wajibat al-din (suatu kewajipan agama yang utama). Pandangan ini
serupa dengan pandangan Yusuf al-Qardhawi yang menyatakan terdapat hubungan
simbiosis antara Islam dan politik. Ia sebagai sesuatu yang tidak terpisah
daripada hakikat Islam itu sendiri.
Menurut K. Ramanathan, politik
merupakan satu cara mengendalikan aktiviti-aktiviti manusia. Konsep politik
Barat tidak mempunyai sebarang panduan yang tepat kerana pengertian politik
ditafsir tanpa berpandukan kepada suatu panduan mutlak serta mengenepikan unsur
kerohanian atau spiritual. Menurut Fathi Yakan, fahaman politik Barat
memisahkan agama dan politik merupakan fahaman serpihan ideologi gereja. Islam
mengajar bahawa politik seharusnya diadun sebati dengan konsep tauhid kepada
Allah Taala dan mengikut lunas-lunas syarak sebagaimana dalam Al-Quran,
diperincikan dalam as-Sunnah serta dibahaskan oleh para ulama muktabar.
Menurut Mustafa Haji Daud, Islam
mengasaskan sistem politik yang merangkumi tiga aspek iaitu tauhid, risalah dan
khalifah. Tauhid iaitu konsep politik mengikut segala lunas yang ditetapkan
Allah SWT. Risalah pula merupakan konsep politik yang diwahyukan Allah SWT
melalui Rasul-Nya dan wajib dituruti oleh segenap manusia. Manusia sebagai
khalifah Allah di bumi harus mentadbir alam berlandaskan lunas-lunas syarak. Para
sarjana politik Barat, termasuk segelintir cendekiawan Islam melabelkan
pemerintahan Islam sebagai salah satu cabang pemerintahan berbentuk teokrasi.
Namun konsep teokrasi di Barat dengan Islam jauh berbeza kerana teokrasi Barat
berpendapat bahawa sesebuah negara hanya diperintah oleh golongan agamawan
ataupun individu yang mendapat mandat dari tuhan serta tidak semestinya
pemerintah itu menggunakan hukum Allah. Sedangkan konsep pemerintahan Islam
amat jelas iaitu individu yang paling tinggi keimanan dilantik sebagai
pemerintah dan pentadbiran yang meliputi pelbagai aspek harus dan wajib tunduk
kepada undang-undang Illahi.
Prinsip-Prinsip Islam
Prinsip-prinsip islam berlawanan
dengan prinsip-prinsip demokrasi, diantaranya:
1. Kekuasaan hanya milik Allah dan
bukan milik rakyat.
2. Hukum yang sah berlaku hanyalah
hukum Allah dan rosulNya, walaupun bertentangan dengan mayoritas rakyat.
3. Tidak boleh tunduk kepada suara
mayoritas, tetapi hanya tunduk kepada hukum Allah.
Ciri-ciri
Pemimpin Menurut Islam
Para sahabat nabi bersepakat
mengatakan bahawa menegakkan pemerintahan Islam adalah wajib. Abu Bakar
as-Siddiq ra. berkata, “Bahawa Muhammad telah pergi, justeru itu, agama ini
(Islam) memerlukan penjaganya.” Hampir kebanyakan aliran pemikiran termasuk
Ahli as-Sunnah wa al-Jama’ah, Syi’ah, al-Murji’ah, Mu’tazilah dan Khawarij
bersepakat mengatakan menegakkan sistem politik Islam adalah wajib bagi umat
Islam. Allah Taala berfirman, bermaksud:
“Wahai Umat yang beriman, taatlah
kamu kepada Allah dan taatlah kamu kepada Rasullullah dan kepada ‘Ulil Amri’
(orang yang berkuasa) dari kalangan kamu.”(Surah an-Nisa’ : ayat 59)
Terdapat beberapa kriteria yang
harus ada sebelum seseorang individu dilantik menjadi pemimpin. Antaranya,
individu tersebut dari kalangan ulama, berakal sempurna, memiliki kefahaman
serta mempunyai kelayakan dari segi intelek dan fizikal untuk mentadbir urus
pemerintahan.
“Dan janganlah kamu serahkan kepada
orang-orang yang belum sempurna akalnya akan harta kamu yang Allah telah
menjadikannya untuk kamu sebagai asas pembangunan kehidupan kamu.” (Surah
an-Nisa’: ayat 5).
Seseorang yang zalim, fasik dan
lalai serta melanggar batas-batas yang ditetapkan oleh Allah tidak boleh
dilantik menjadi pemimpin. Sebaliknya mereka hendaklah terdiri dari orang-orang
yang beriman, bertakwa dan mengerjakan amal soleh.
“Dan janganlah engkau mematuhi orang
yang Kami ketahui hatinya lalai daripada mengingati dan mematuhi pengajaran
Kami di dalam al-Quran, serta ia menurut hawa nafsunya, dan tingkah lakunya
pula adalah melampaui kebenaran.” (Surah al-Kahfi: ayat 28).
Abu al-Maati al-Futuh menjelaskan
bahawa terdapat empat elemen dalam pemerintahan Islam iaitu Sultat (kebolehan
mengurus), kedaulatan, kuasa dan syura. Kekuasaan ialah kewibawaan sesebuah
pemerintahan dari rakyat (umat Islam). Abraham Lincoln mendefinisikan demokrasi
sebagai “kerajaan yang dirikan oleh rakyat, dari rakyat dan kepada rakyat”
(Hamdan Aziz : 2012). Dalam pada itu, kenyataan Lincoln hanya melihat aspek
kebebasan mutlak individu tetapi kekuasaan yang diberikan kepada pemimpin
mestilah berdasarkan keimanan dan ketakwaan.
Sistem kekhalifahan seperti
diamalkan terdiri dari Majlis Syura, khalifah dan kementerian khusus yang
mempunyai hak serta autoriti. Majlis Syura mempunyai hak seperti menentukan
hukum bagi sesuatu perkara yang tidak dijelaskan secara khusus di dalam
al-Quran, melantik khalifah daripada kalangan ahli Majlis Syura, mengaturkan
bai’ah umat Islam terhadap khalifah manakala dalam masa yang sama Majlis Syura
mempunyai hak melucutkan khalifah daripada jawatan atas sebab-sebab syarie.
Menurut Muhammad Abdul Qadir Abu Faris (1987), sekiranya pemimpin memerintah
tanpa berpandukan kepada al-Quran dan as-Sunnah serta tidak bersifat sebagai
seorang khalifah Islam dari sudut akhlak, maka pemerintah tersebut hilang
kelayakan menjadi khalifah.
Khalifah merupakan individu yang
penting dalam sistem politik Islam. Khalifah mempunyai hak dan autoriti dalam
beberapa hal seperti memupuk perpaduan rakyat, memelihara agama dan keamanan
negara, menguruskan kewangan, pentadbiran dan perundangan Islam. Segala
undang-undang yang dijalankan haruslah berdasarkan semata-mata kepada al-Quran,
as-Sunnah dan Ijtihad ulama sepertimana firman Allah SWT, bermaksud:
“Wahai Daud, sesungguhnya kami telah
menjadikan khalifah di bumi, maka jalankanlah hukum antara manusia dengan
(hukum syariat) yang benar (yang diwahyukan oleh kami); dan janganlah engkau
menurut hawa nafsu, kerana demikian itu akan menyesatkanmu daripada jalan Allah.”
(Surah Sa’ad : ayat 26).
Musyawarah
dan Keadilan
Menurut pandangan fuqaha, musyawarah
adalah meminta pendapat orang lain mengenai sesuatu urusan. Perkataan
musyawarah secara umum diertikan dengan perundingan atau bertukar fikiran.
Perundingan disebut sebagai musyawarah kerana orang yang berunding diharapkan
untuk mengeluarkan atau mengemukakan pendapatnya tentang suatu masalah yang
dibincangkan dalam perundingan itu. Musyawarah merupakan salah satu hal yang
amat penting bagi kehidupan, bukan saja dalam kehidupan bernegara malah dalam
kehidupan berumah tangga. Islam memandang penting peranan musyawarah dalam
kehidupan umat manusia. Contohnya dapat dilihat dari petikan ayat al-Quran dan
Hadis yang menganjurkan umat Islam supaya bermusyawarah dalam memecah berbagai
persoalan yang dihadapi, Firman Allah SWT, bermaksud:
“Maka disebabkan rahmat Allahlah,
engkau bersikap lemah lembut terhadap mereka. Seandainya engkau bersikap kasar
dan berhati keras. Nescaya mereka akan menjauhkan diri darimu. Kerana itu,
maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan
mereka dalam urusan tertentu.Kemudian apabila engkau telah membulatkan tekad,
bertawakallah kepada Allah.Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang
bertawakkal kepada-Nya”. (Surah al-Imran : ayat 159).
Menurut Saari Sungib, sistem politik
Islam menitikberatkan konsep keadilan dan musyawarah. Sekiranya seseorang
pemimpin jelas membelakangkan konsep keadilan dan musyawarah dalam membuat
keputusan pentadbiran, rakyat berhak menidakkan arahan yang datang daripada
pemerintah yang zalim.
Asas kepimpinan Islam adalah
berbentuk ibadah iaitu ketaatan rakyat kepada pemimpin serta dalam masa yang
sama pemimpin taat kepada Allah. Sekiranya pemimpin membelakangkan hukum
syarak, maka rantaian ketaatan kepada pemerintah akan terlucut dan Majlis Syura
berhak menegur pemerintah dan melucutkan jawatan. Yusuf al-Qaradhawi, pernah
mengungkap kata-kata beliau di dalam karyanya Aku dan al-Ikhwan al-Muslimun
mengenai konsep musyawarah dan kesepaduan ummah;
“…aku mulai faham dengan jelas
bahawa untuk mengembalikan kemenangan Islam haruslah melalui kata-kata,
perbuatan, dakwah…. Semua ini tidak mampu dilakukan oleh seorang
diri….Seseorang akan lemah bila bersendiri dan kuat bila beramai-ramai …”.
Islam mengajar umatnya supaya
sentiasa berpegang dengan tali Allah iaitu Al-Quran. Apabila semua manusia
menghayati prinsip Islam yang bersifat universal, maka konsep keadilan tetap
terpelihara. Semua masyarakat perlu berganding bahu menentang segala kezaliman
melalui undi dalam pilihan raya. Dengan menggunakan ruang yang ada seperti
demokrasi, segala kebatilan akan hilang maka kebenaran pastinya muncul. Ingat
firman Allah SWT, bermaksud:
“Sesungguhnya apabila datang
kebenaran, maka kebatilan akan hancur. Sesungguhnya kebatilan pastinya akan
hancur.” (Surah al-Isra’ : ayat 81).
B. Demokrasi, Teokrasi dan Autokrasi
Jenis
– jenis pemerintahan:
1. Demokrasi
Istilah
demokrasi berasal dari bahasa Yunani, “demos” yang berarti rakyat, dan cratein
yang berarti memerintah. Bila kedua kata tersebut digabungkan maka dia berarti
“rakyat yang memerintah” atau “pemerintah rakyat”. Kata ini menjadi popular
setelah diucapkan oleh negarawan sekaligus mantan presiden Amerika Serikat,
Abraham Lincoln yang mengatakan “government is from the people, by the
people and for the people”, sehingga dapat diartikan bahwa demokrasi adalah
pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.
Demokrasi
merupakan sebuah sistem nilai dan sistem politik yang telah teruji dan diakui
sebagai yang paling relistik dan rasional untuk mewujudkan tatanan social,
ekonomi dan politik yang adil, egaliter dan manusiawi. Sehingga banyak penguasa
yang otoriter dan totaliter menyebut sistem yang dibangunnya sebagai kekuasaan
dan sistem demokratis. Para penguasa otorite, demokrasi dimanipulasi hanya
sebatas pada praktiknya secara procedural-formal, tetapi secara subtantif
demokrasi tidak tampak.
Demokrasi
mempunyai arti penting bagia masyarakat yang menggunakannya, sebab dengan
demokrasi hak masyarakat untuk menentukan sendiri jalannya organisasi negara
dapat dijamin. Oleh karena itu, hampir semua pengertian yang diberikan untuk
istilah demokrasi ini selalu memberikan posisi penting bagi rakyat, walaupun
secara operasional implikasinya di berbagai Negara tidak selalu sama. Sekedar
menunjukkan betapa rakyat diletakkan pada posisi penting dalam asas demokrasi.[7]
Demokrasi
yang sukses adalahyang tingkat pertumbuhannya tinggi, adanya kelas menengah
yang luas dan relative sejahtera, kelompok-kelompok yang otonom, rule of law,
dan budaya politik yang berpeluang untuk kompromi dan toleransi. Ini seringa
dinamakan demokrasi yang kuat (strong democracy). [8]
Dapat
ditarik kesimpulan bahwa tekanan jenis pemerintah ada pada kekuasaan pemerintah
dalam tiap-tiap Negara. Bila kekuasaan pemerintah Negara demokrasi dimana
rakyat memegang kekuasaan atau kedaulatan. Kemudian timbul pertanyaan bagaimana
rakyat dapat memerintah, atau bagaimana semua memerintah semua. Apakah semua
rakyat dapat malaksanakan satu pemerintah itu datangnya dari rakyat dan di
bentuk oleh rakyat, serta kegunaannya untuk rakyat.[9]
2. Teokrasi
Bentuk
ini semua yang ada di bumi dan beserta isinya itu adalah ciptaan Tuhan. Tuhan
menciptakan manusia yang berbeda beserta isinya. Ada dua hal yang dimiliki oleh
manusi yang tidak dipunyai oleh hewan yaitu rasio (pikiran) dan nurani. Dua
kelebihan inilah yang membuat manusia memiliki status sebagai makhluk hidup
mahkota ciptaan Tuhan yang memiliki jiwa. Karena memiliki hal-hal tersebut
manusia menciptakan sesuatuatau berdaya cipta. Tiap orang memiliki perasaan
atau sifat yang berbeda kualitas dan intensitasnya, dan ini membuat tidak ada
dua orang tang sama persis. Tidak ada manusia memiliki karakter dan sifat yang
sama, bahkan manusia yang lahir kembar-identik juga tidak menjadi jaminan bahwa
mereka menjadi orang yang memiliki ciri yang sama.[10]
Manusia
adalah makhluk ciptaan Tuhan. Manusia mempunyai tugas untuk menguasai bumi
beserta seluruh isinya. Ternyata manusia yang diberi tugas untuk menguasai dan
dikuasai tidak hanya satu orang. Karena itu timbul masalah mengenai siapa yang
akan menjadi penguasa di antara manusia agar tidak terjadi kekacauan. Justru
kepada semua oranglah dibebankan tugas membina keamanan dan ketertiban. Untuk
itu penganut teori ini berpendapat bahwa Tuhan langsung memilih salah seorang
dari manusia untuk memerintah manusia lainnya. Sewaktu Tuhan memilih seorang
untuk memerintah atas manusia lainnya, tentulah Dia yang terbaik dari yang
lain. Pengertian yang terbaik dalam arti luas adalah mereka yang patuh pada Tuhan,
jujur, berhati tulus dan tidak menindas sesama manusia. Tuhan mengangkat
manusia menjadi penguasa atas sesama manusia bukan untuk menjadi penindas yang
mendatangkan penderitaan, melainkan untuk mendatangkan kesejahteraan bagi
sesama manusia itu sendiri. Manusia yang diangkat menjadi penguasa ini disebut
dengan pangkat atau jabatan “Raja”.
Raja
yang diangkat oleh Tuhan pada mulanya bertindak baik dan adil sesuai dengan apa
yang diperintahkan Tuhan untuk dilaksanakannya, sehingga manusia bisa menikmati
kesejahteraan. Kekuasaan raja adalah kekuasaan yang dialihkan secara turun
temurun. Jika seorang raja memerintah dengan sewenang-wenang, dengan kata
lainnya pemerintahannya membawa penderitaan bagi rakyat, sedangkan raja
berlimpah kemewahan, beristeri banyak, memiliki kekuasaan yang absolute, maka
dinasti penindas akan terbentuk.
Rakyat
yang tertindas tadi akan menyadari kalau dirinya sudah tetindas meskipun takut
untuk bertindak. Ada pepatah yang mengatakan, “Kekuatan yang berlebihan
menimbulkan keberanian yang tak terkatrol”. Sesuai dengn pepatah tersebut,
karena rakyat sudah terlalu takut lalu muncullah beberapa orang yang
beranimemimpin rakyat untuk melakukan pemberontakan. Sebagai hasil
pemberontakan, penguasa atau kekuasaan raja yang dibatasi dan suara rakyat yang
didengar, dari sinilah demoraksi timbul.[11]
3. Autokrasi
Autokrasi
berasal dari dua kata: auto yang berarti satu atau sendiri dan cratein artinya
memerintah. Jadi Autokrasi berarti pemerintahan Negara yang berada di tangan
satu orang. Jika demikian kita bisa melihat bahwa Autokrasi adalah lawan dari
demokrasi. Bila kita perhatikan, dapat dikatakan bahwa pada saatini sudah tidak
ada laginegara yang mempraktekkan sistem Autokrasi secara murni. Bentuk
penyeleggaraan pemerintahan sekarang ini merupakan bentuk Autokrasi modern,
yang masih berlangsung secara terselubung dalam pemerintahan dengan menggunakan
sistem satu partai tunggal.[12]
Pada
permulaan abad 18, mesin digunakan sebagai pengganti manusia di benua Eropa.
Dengan pengganti tenaga ini muncullah pengangguran dalam jumlah yang besar.
Banyaknya pengangguran ini mengakibatkan jumlah tenagar kerja yang tersedia
semakin besar sementara kebutuhan atas tenaga manusia sangat rendah. Yang
terjadi kemudian adalah tekanan terhadap upah tenaga kerja sampai tingkat yang
paling rendah oleh pemilik perusahaan. Walaupun upah yang diterima
sangatrendah, orang masih bersedia menerimanyasebagai suatu alternative yang
terbaik daripada menganggur dan mati kelaparan. Oleh karena itu, di satu pihak
pemerasan yang terjadi membuat orang kaya semakin kaya dan sebaliknya yang
miskin menjadi semakin miskin. Hal ini membuat kemiskinan semakin merajalela
dalam masyarakat.
Keadaan
yang sangat buruk ini tentu tidak tidak berlangsung langgeng karena muncul
perlawanan dan gerakan dari bawah, yaitu munculnya organisasi-organisasi buruh
yang berasakan sosiaisme untuk memperjuangkan nasib para buruh.
Perlwanan
buruh yang paling gigih terjadi di Rusia, dimana gerakan- gerakan sosialisme di
Rusia membuat Kaisar Tsaar menjadi sasaran. Pada waktu itu terjadi penolakan-
penolakan, munculnya pemerintah pemogokan, dan pelemparan bom yang terjadi pada
tanggal 22 januari 1905- yang dikenal dengan minggu berdarah. Lebih dari 3.000
orang yang terbunuh dan luka-luka pada waktu itu. Tentara Kaisar berhasil
menggagalkan revolusi ini. Kemudian pada tahun1917 revolusi meletus lagi di
Rusia, dan tetapmengalami kegagalan. Barulah pada kesempatan berikutnya pada
bulan Oktober tahun tersebut, Kaisar bersama keluarganya dibuang ke Siberia,
dan pada tahun 1918 mereka dibunuh. Dengan berhasinya revolusi itu, maka
nkekuasaan diambil alih oleh partai buruh dan tani yakni kaum Bolsjewik atau
kaum komunis di bawah pimpinan Lenin dan Trotsky.
Kewenangan
perlawanan buruh di Rusia berhasil menjauhkan Dinasti Tsaar dan menggantinya
dengan kekuasaan komunisme. Saat itu juga mulai muncul pemeruntah totaliter,
demokrasi ala komunisme, atau oleh para ahli politik dan juga ahli tata Negara
menamainya pratek Autokrasi.[13]
C. Hubungan Negara dan Agama
Menurut
Hussein Muhammad, Negara diperlukan untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan
masyarakat manusia secara bersama-sama. Negara dengan otoritasnya mengatur
hubungan yang diperlukan antara masyarakat. Sedangkan agama mempunyai otoritas
untuk mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya. Hubungan antara agama dan
Negara menimbulkan perdebatan yang terus berkelanjutan di kalangan para ahli.
Pada hakekatnya, Negara merupakan suatu persekutuan hidup bersama sebagai
penjelmaan sifat kodrati manusia sebagai makhluk individu dan makhluk social.
Oleh karena itu, sifat dasar kodrat manusia tersebut secara horizontal dalam
hubungan manusia dengan manusia lain untuk mencapai tujuan bersama. Negara
memiliki sebab akibat langsung dengan manusia karena manusia adalah pendiri
Negara itu sendiri.[14]
Manusia
sebagai warga Negara adalah juga makhluk social dan makhluk Tuhan. Sebagai
makhluk social, manusia mempunyai kebebasan untuk memenuhi dan memanifestasikan
kodrat kemanusiaannya. Namun, sebagai makhluk Tuhan manusia juga mempunyai
kewajiban untuk mengabdi kepada-Nya dalam bentuk penyembahan atau ibadah yang
diajarkan oleh agama atau keyakinan yang dianutnya. Hal-hal yang berkaitan
dengan Negara adalah manifestasi dari kesepakatan manusia. Sedangkan hubungan
dengan tuhan tertuang dalam ajaran agama adalah wahyu dari Tuhan. Oleh karena
itu, ada benang emas yang menghubungkan antara agama dan Negara.
Konsep
hubungan Negara dan agama sangat ditentukan oleh dasar ontologis manusia
masing-masing. Keyakinan manusia sangat mempengaruhi konsep hubungan antar
Negara dan agama dalam kehidupan manusia.[15]
Dalam
Islam, hubungan agama menjadi perdebatan yang cukup hangat dan berlanjut hingga
kini. Bahkan, menurut Azyumardi Azra, perdebatan ini telah berlangsung sejak
hampir satu abad, dan berlangsung hingga dewasa.
Menurut
Azyumardi, ketegangan perdebatan tentang hubungan agama dan Negara ini diilhami
oleh hubungan yang agaka canggung antara Islam sebagai agama (din) dan
Negara (daulah). Dalam bahasa lain, hubungan antara agama (din) dan
politik (siyasah) di kalangan umat Islam, terlebih di kalangan Sunni
yang banyak di atur oleh masyarakat Indonesia, pada dasarna bersifat biguouams
atau ambivalen. Ulama Sunni sering mengatakan bahwa pada dasarnya dalam Islam
tidak ada pemisahan antara Negara dan agama. Sementara terdapat pula ketegangan
pada tartan konseptual maupun tataran praktis dalam politik, sebab seperti yang
dilihat terdapat ketegangan dan tarik ulur dalam hubungan agama dan politik.
Pada
kenyataannya sumber dari kecanggungan antara keduanya yaitu berkaitan dengan
kenyataan bahwa din dalam pengertian terbatas pada hal-hal yang
berkenaan dengan bidang ilahiyah, yang bersifat sacral dan suci. Sedangkan
politik kenegaraan (siyasah) pada umumnya merupakan bidang prafon atau
keduniaan.[16]
Hubungan
antara agama dan negara menimbulkan perdebatan yang terus bekelanjutan di
kalangan para ahli. Pada hakekatnya, negara merupakan suatu persekutuan hidup
bersama sebagai penjelmaan sifat kodrati manusia sebagai makhluk individu dan
makhluk sosial. Oleh karena itu sifat dasar kodrat manusia tersebut juga sifat
dasar negara pula, sehingga negara sebagai manisfestasi kodart manusia secara
horisontal dalam hubungan manusia dengan manusia lain untuk mencapai tujuan
bersama. Dengan demikian, nagara memiliki sebab akibat langsung dengan manusia
karena manusia adalah pendiri Negara itu sendiri.
Konsep hubungan negara dan agama
sangat ditentukan oleh dasar ontologi manusia masing- masing. Keyakinan manusia
sangat memepengaruhi konsep hubungan agama dan negara dalam kehidupan manusia.
Berikut diuraikan beberapa contoh perbedaan konsep hubungan agama dan negara
menurut beberapa aliran atau paham, yaitu:
1. Hubungan
Agama dan Negara menurut Paham Teokrasi
Dalam paham Teokrasi, hubungan agama
dan negara digambarkan sebagai dua hal yang tidak dapat di pisahkan. Negara
menyatu dengan agama, karena pemerintahan menurut paham ini dijalankan
berdasarkan berdasarkan firman- firman Allah, segala tata kehidupan dalam
masyarakat, bangsa, dan negara dilakukan atas titah Allah. Dengan demikian,
urusan kenegaraan atau politik, dala, paham teokarasi juga diyakini sbagai
manisfestasi firman Allah.
2. Hubungan
Agama dan Negara Menurut Paham Sekuler
Paham sekuler memisahkan dan
membedakan antara agama dan negara. Dalam negara sekuler, tidak ada hubungan
antara sistem kenegaraan dengan agama. Dalam paham ini, negara adalah urusan
hubungan manusia dengan manusia lain, atau urusan dunia. Sedangkan agama adalah
hubungan manusia dengan Tuhan. Dua hal ini menurut paham sekuler, tidak dapat
disatukan.
Dalam negara sekuler, sistem dan
norma-norma hukum positif dipisahkan dengan nilai- nilai dan norma-norma agama.
Norma-norma dan hukum di tentukan atas kesepakatan manusia dan tidak
berdasarkan agam atau firman- firman Tuhan, meskipun mungkin norma-norma
tersebut bertentangan dengan norma- norma agama. Meskipun memisahkan antara
agama dan negara, pada lazimnya negara sekuler membebaskan waraga negranya
untuk memeluk agama apasaja yang mereka yakini, tapi negara tidak ikut campur
tangan dalam urusan agama.
3. Hubungan
Agama dan Negara menurut Paham Komunisme
Paham kolonialisme memenadang hakekat hubungan
negara dan agama berdasarkan pada filosofi matrialisme dialektis dan
materialisme historis. Paham ini menimbulkan paham atheis, yang berarti tidak
bertuhan. Paham yang dipelopori oleh Karl Marx ini, memandang agam sebagai cndu
masyarakat. Menurutnya, manusia ditentukan oleh dirinya sendiri. Agama, dalam
paham ini, dianggap sebagai suatu kesadaran diri bagi manusia sebelum menemukan
dirinya sendiri.
Manusia
adalah dunia manusia sendiri yang kemudian mengahasilkan masyarakat negara.
Sedangkan agama dipandang sebagai realisasi fantastis makhluk manusia, dan
agama adalah keluhan makhluk tertindas. Oleh karena itu agam harus ditekan,
bahkan dilrang. Nilai yang tertinggi dalam negara adalah materi.
4. Hubungan
Agama dan Negara menurut Aliran Islam
Menurut
Munawi Sjadzli tentang hubungan negara dan agama dalam Islam terdapat tiga
aliran. Pertama, aliran yang menganggap bahwa islam adalah agama yang
paripurna, yang mencakup segala-galanya, termasuk masalah Negara, oleh karena
itu, agama tak dapat dipisahkan dari Negara, dan unsur Negara adalah urusan
agama, serta sebaliknya. Aliran kedua, mengatakan bahwa Islam tidak ada
hubungannya dengan Negara, karena Islam tidak mengatur kehidupan bernegara dan
pemerintahan. Menurut aliran ini Nabi Muhammad tidak mempunyai misi untuk
mendirikan Negara. Aliran ketiga, berpendapat bahwa Islam tidak mencakup
segala-galanya, tapi mencakup seperangkat prinsip dan tata nilai etika tentang
kehidupan bermasyarakat, termasuk bernegara. Oleh karena itu, dalam bernegara
umat Islam harus mengembangkan dan melaksanakan nila-nilai dan etika diajarkan
secara garis besar.[17]
BAB III
Kesimpulan
Politik Islam atau siasah berasal
dari perkataan ‘sasa’ yang bermaksud perintah, tegah, melakukan pembaikan dan
mendidik. Manakala menurut istilah, siasah bermaksud melakukan sesuatu yang
membawa kebaikan kepada makhluk dengan membimbing mereka ke arah jalan kejayaan
duniawi dan ukhrawi. Islam dan politik tidak boleh dipisahkan sama sekali
kerana berkait rapat dengan prinsip akidah dan akhlak. Politik dalam islam ada
sejak pada masa pemerintahan khalifah yang mana khalifah itu sebagai pengganti
dari Nabi Muhammad saw. Untuk melanjutkan syi’ar agama islam. Politik tersebut
berkelanjutan hingga masa tabi’in, tabi’ tabi’in dan sampai sekarang meskipun
cara berpolitik pada zaman klasik sangatlah beebeda dengan yang sekarang.
Ada
berbagai jenis pemerintahan akan tetapi yang sering digunakan pada setiap
Negara yaitu jenis pemerintah Demokrasi yang kekuasaan pemerintahannya berada
pada Negara tersebut. Bila kekuasaan pemerintah Negara demokrasi dimana rakyat
memegang kekuasaan atau kedaulatan. Kemudian timbul pertanyaan bagaimana rakyat
dapat memerintah, atau bagaimana semua memerintah semua. Apakah semua rakyat
dapat malaksanakan satu pemerintah itu datangnya dari rakyat dan di bentuk oleh
rakyat, serta kegunaannya untuk rakyat. Teokrasi itu rakyat sudah terlalu takut
lalu muncullah beberapa orang yang beranimemimpin rakyat untuk melakukan
pemberontakan. Sebagai hasil pemberontakan, penguasa atau kekuasaan raja yang
dibatasi dan suara rakyat yang didengar, dari sinilah demoraksi timbul.
Autokrasi adalah Negara yang berada di tangan satu orang. Jika demikian kita
bisa melihat bahwa Autokrasi adalah lawan dari demokrasi. Bila kita perhatikan,
dapat dikatakan bahwa pada saatini sudah tidak ada lagi negara yang
mempraktekkan sistem Autokrasi secara murni.
Banyak
system yang ada pada dunia politik, akan tetapi system – system tersebut banyak
yang tidak digunakan dengan murni dan banyak yang diubah sesuai dengan kehendak
Negara masing – masing. Contohnya saja di Indonesia, di Negara ini system yang
digunakan oleh pemerintah Indonesia adalah system demokrasi meskipun telah
melalui tahapan – tahapan yang cukup lama.
Meski
banyak perdebatan antara hubungan antara Negara dan agama tetapi tetap ada
hubungan Negara dan agama sangat ditentukan oleh dasar ontologis manusia
masing-masing. Keyakinan manusia sangat mempengaruhi konsep hubungan antar
Negara dan agama dalam kehidupan manusia bisa di katakan juga hubungan Negara
dan agama itu “Hablum min Allah wa hablu
min Wathan”.
[1] Nomensen Sinamo, Pendidikan
Kewarganegaraan, PT Bumi Intitama Sejahtera (Jakarta: 20010), 108
[6] Http://Bm.Harakahdaily.Net/Index.Php/Columnist/Seni-Budaya/16845-Islam-Politik-Dan-Kepimpinan#.Uyohwwf1neh
[10] Packpaham, Ilmu Negara Dan
Politik, 136.
[14] Ubaidillah Dan Salim M Arskal,
Pendidikan Kewarga Negaraan: Demokrasi. HAM Dan Masyarakat Madani, IAIN Jakarta
Press, (Jakarta: 2000), 124.